Lompat ke konten Lompat ke sidebar Lompat ke footer

Iklan Adsense

Cara Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)






Format Flashdisk melalui Windows Explorer memang sangat mudah digunakan. Karena sangat mudah, friendly dan mudah dilakukan bagi orang awam. Padahal masih ada cara format flashdisk yang lainnya, salah satunya adalah cara format flashdisk dengan CMD / Command Prompt.

Mengetahui cara format flashdisk lewat CMD bisa sangat bermanfaat, khususnya untuk melakukan troubleshooting saat terjadi masalah di flashdisk. Misalnya saja pada kasus Flash Disk yang Write Protected, dimana penyelesaiannya bisa dilakukan menggunakan Diskpart yang dieksekusi melalui Command Prompt.

Nah disini kita akan melakukan format flashdisk menggunkan Diskpart. Ayo langsung saja.kita eksekusi.

Format Flashdisk Lewat Command Prompt


  1. Pertama kita masukkan Flashdisk yang ingin di format.
  2. Buka Command Prompt run as Administrator.
  3. Untuk perintah pertama, ketiikan diskpart untuk masuk kedalam utility.
  4. Kemudian ketikkan list disk untuk menampilkan disk yang aktif.
  5. Penting !! perhatikan nomor disk yang ingin teman-teman format. Pastikan size / ukuran partisi yang tertera sama dengan kapasitas Flash Disk. Jika sudah mengetahuinya, ketikkan perintah select disk # , dimana # adalah nomor disk.
  6. Ketikkan perintah clean untuk menghapus isi data dalam flashdisk.
  7. Kemudian ketikkan kembali list disk, untuk menampilkan daftar disk yang aktif. Jika terdapat tanda * pada sisi kiri, itu berarti disk masih dalam keadaan aktif / dipilih. Jika tidak maka kamu perlu mengetikkan ulang perintah pada langkah nomor 5.
  8. Selanjutnya ketikkan create partition primary.
  9. Lalu ketikkan perintah select partition 1.
  10. Kemudian ketikkan active untuk mengaktifkan partisi.
  11. Langkah selanjutnya adalah melakukan formatting dengan format NTFS dan memberikan nama. Ketikkan perintah format FS=NTFS label=Jari Ketik quick. Teman-teman bisa mengubah yang tulisan merah dengan nama yang ingin teman-teman berikan kepada Flasdisk tersebut.
  12. Terakhir ketikkan perintah assign letter=J untuk memberikan driver letter. Teman-teman bisa mengubah yang tulisan warna merah dengan letter yang teman-teman inginkan.
  13. Jika sudah maka teman-teman bisa ketikkan exit untuk keluar dari utility diskpart atau langsung menutup jendela Command Prompt (CMD).
  14. Selesai.

Dengan begitu flashdisk teman-teman sudah dapat digunakan kembali. Semoga trik ini bermanfaat dan jangan lupa sebarkan.

Salam Satu Data


Posting Komentar untuk "Cara Format Flashdisk Lewat CMD (Command Prompt)"