MASIGNASUKAv102
5234496819341462259

Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK

Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK
Add Comments
Minggu, 31 Januari 2021

 


Mengapa NUPTK Tidak Segera Diapprove Ditjen GTK ..? Waah.. Bapak / Ibu pasti selalu bertanya-tanya


Mengapa Pengajuan NUPTK tidak segera diapprove oleh Ditjen GTK?

1. Penerbitan NUPTK sepenuhnya kewenangan Ditjen GTK, maka dari itu perhatikan Validitas Data.

Perlu bapak / ibu ketahui kebijakan penerbitan NUPTK sepenuhnya berada dibawah Ditjen GTK. Diterima atau tidak itu adalah kewengan dari mereke sepenuhnya.

Maka dari itu, bapak / ibu harus memperhatikan kevaliditas data bapak / ibu. Bisa bapak / ibu berkoordinasi dengan operator sekolahnya. Karena memang kevalidtan data tersebut menjadi kunci utama agar ketika diperiksa oleh Ditjen GTK dapat dipastikan kebenaran data PTK tersebut. Perhatikan setiap form data bapak / ibu yang ada pada dapodik.

2. Pertimbangan Rasio Guru

Rasio atau jumlah perbandingan guru yang ada pada sekolah menjadi faktor selanjutnya. Disini Ditjen GTK akan melihat data guru pada suatu sekolah melalui Dapodik. Dari situ, akan bisa dilihat apakah guru yang menjadi Calon Penerima NUPTK sudah sesuai dengan rasio yang diperlukan atau belum. Kembali lagi, penilaian ini berada di Ditjen GTK.

Jangan sampai kelebihan guru, hitung dengan rumus rasio guru pada sekolah tersebut.

3. NUPTK bisa saja diterbitkan ditahun selanjutnya

Biasanya tidak semua Calon Penerima NUPTK memperoleh NUPTK pada tahun ini. Bisa saja mereka memperoleh NUPTK pada tahun selanjutnya (Bisa 1 tahun, 2 tahun, dan seterusnya). Semua itu didasarkan pada kelengkapan syarat administratif dan kebijakan yang telah ditentukan Ditjen GTK. Jadi bapak / ibu harap bersabar.

4. Perhatikan Status penerima NUPTK

Selama belum ada pemberitahuan penolakan dari Ditjen GTK yang disertai alasannya, maka status bapa / ibu guru masih menjadi calon penerima NUPTK. Maka bersabarlah dan terus berdoa agar cepat  diterima. Dan jangan salahkan operator, karena operator hanya melakukan pengajuan NUPTK bapak / ibu.


Demikian informasi yang dapat mimin sampaikan tentang mengapa NUPTK bapak / ibu tidak segera diapprove oleh Ditjen GTK. Jangan lupa bersabar dan teruslah berdoa.

Terima Kasih,